Hayabusa, Monster Andalan Suzuki


detail berita
F: Suzuki Hayabusa di PRJ (Febri A/Okezone)



JAKARTA- Suzuki Hayabusa atau yang juga dikenal dengan nama GSX1300R adalah motor sport yang diproduksi sejak tahun 1999.



Tidak butuh waktu lama sampai akhirnya Hayabusa mengukuhkan diri sebagai motor produksi tercepat di dunia dengan angka 312 km/jam. Kala itu, Hayabusa adalah jawaban Suzuki untuk Honda CBR1100XX Super Blackbird yang pernah juga menjadi motor produksi tercepat di dunia.



Hayabusa 2013 menggunakan mesin empat silinder berkapasitas 1.340 cc empat langkah DOHC, dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan, yang ditransfer ke roda belakang lewat rantai.



Hayabusa termasuk salah satu motor favorit dalam hal modifikasi jalanan. Alasannya, motor ini punya desain bodi yang telah dikenal banyak orang. Terbilang mudah tuning mesin, banyaknya pilihan onderdil aftermarket termasuk kanibalisme antar model Suzuki. Kelebihan ini membuat Hayabusa lebih terkenal dari motor asal Jepang lainnya.



Pada generasinya yang kedua di tahun 2008, Hayabusa punya saudara kembar yang diberi nama B-King. Bedanya motor ini menggunakan model naked bike streetfighter, menggunakan mesin yang sama hanya beda sistem intake dan knalpot.



Mesin yang digunakan Hayabusa bahkan digunakan pada aplikasi lainnya yang bukan berjenis sepeda motor. Megabusa, sebuah mobil sport asal Inggris yang menggunakan basis Lotus Seven menggunakan mesin Hayabusa.



Suzuki adalah pabrikan pertama yang menggunakan mesin motor untuk mobil. Hadir dalam konsep mobil Suzuki GSX-R/4 roadster dan Formula Hayabusa.



Di Indonesia, Suzuki Hayabusa dijual langsung oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) R2. Ditawarkan dengan harga Rp350 juta, dengan berstatus on the road.



MESIN

Kapasitas 1340cc, 4 langkah, 4 silinder, DOHC, pendingin cair

Bore x Stroke: 81.0 mm x 65.0 mm

Rasio Kompresi: 12.5 : 1

Fuel System: Suzuki Fuel Injection

Starter: Electronic



SISTEM PENGGERAK


Transmisi: 6 kecepatan, constant mesh

Final Drive: Rantai



SASIS


Susupensi depan Inverted telescopic, coil spring, oil damped

Suspensi belekang Link type, coil spring, oil damped

Rem depan: Brembo, Disc, twin

Rem belakang: Disc

Ban depan: 120/70ZR17M/C, tubeless

Ban belakang: 190/50ZR17M/C (73W), tubeless

Pilihan warna: Marble Daytona Yellow/Glass Sparkle Black, Glass Sparkle Black/Metallic Oort Gray, Pearl Glacier White/Metallic Oort Gray



ELECTRICAL


Pengapian elektrik (Transistorized)



DIMENSI


Panjang 2190 mm

Lebar 735 mm

Wheelbase 1480 mm

Ground Clearance 120 mm

Tinggi jok 805 mm

(zwr)


0 komentar:

Posting Komentar