Kondisi Ban Prima Penentu Keselamatan Mudik


detail berita
F: Michelin Pilot (Okezone)



JAKARTA- Mudik saat Lebaran memang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia. Pemudik rela menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman.



Melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan khususnya sepeda motor wajin memperhatikan kondisi ban. Ban merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan yang bersentuhan langsung dengan aspal dan berbagai macam kondisi jalan.



Bayu Surya Pamugar, Head of Sales and Marketing PT Michelin Indonesia, mencoba membagi tips mengecek kondisi ban sepeda motor yang aman untuk digunakan selama perjalanan mudik.



Pertama, sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran sempatkan periksa tekanan angin pada ban. Usahakan berkeliling selama satu sampai dua menit untuk berkeliling periksa semua kondisi ban.



Kondisi ban jangan sampai gundul atau tingkat keausannya tidak seimbang. Dalam memeriksa kondisi ban harus diukur juga jarak yang akan ditempuh selama mudik lebaran. Jika ketebalan ban sudah tidak memungkinkan sebaiknya lakukan proses penggantian agar menjaga perjalanan mudik Anda.



Ketiga, periksa juga faktor pendukung ban seperti velg. Akan sia-sia jika ban dalam kondisi prima namun veleg mengalami goyang atau speleng. Hal tersebut juga akan mengganggu perjalanan mudik.



"Pakailan ban dengan komponen terbaik, agar sepeda motor siap menerjang segala macam kondisi jalan yang dilalui. Kecelakaan terbesar biasanya terjadi karena ban yang dipakai tidak memiliki grip yang bagus, yang dapat melalui jalan dengan kondisi kering maupun basah," jelas Bayu.



Sebaiknya menggunakan ban tubeless, agar jika dalam perjalanan mudik ban terkena paku, masih ada tenggang waktu lama dan memungkinkan kita menjangkau bengkel untuk memperbaiki ban.

(zwr)


0 komentar:

Posting Komentar