Mitsubishi Kalem Hadapi LCGC


detail berita
Mitsubishi Mirage (foto: Septian Pamungkas/Okezone)



JAKARTA - Sejak tahun lalu pabrikan Toyota dan Daihatsu telah menunjukkan keseriusannya terhadap program low cost green car (LCGC) yang diusung pemerintah. Keduanya pun kompak menampilkan calon murah mereka yakni Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla lewat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.



Pabrikan lainnya juga diketahui sibuk mempersiapkan model untuk bermain di calon segmen baru ini. Honda contohnya. Pabrikan berlambang 'H' ini menegaskan jika city car Brio Satya bakal diproyeksikan sebagai mobil murah Honda.



Pabrikan Nissan tidak mau ketinggalan. Bangkitnya merek Datsun dan akan mengawali debutnya di Tanah Air pada 17 September 2013 mendatang membuat pabrikan Jepang itu semakin terlihat jelas ketertarikannya akan proyek mobil murah walaupun belum menentukan model yang akan ditawarkan.



Tidak hanya itu, pabrikan lain seperti Suzuki juga menyatakan ketertarikannya untuk ikut LCGC. Wagon R kabarnya disiapkan untuk bermain di kelas ini. Okezone pun sempat memergokinya saat melakukan uji jalan di kawasan Bintaro.



Pendatang baru seperti Tata Motors tidak mau ketinggalan. Meski mengaku masih mempelajari regulasi LCGC sejumlah modelnya telah melakukan uji jalan dan siap dipasarkan dalam waktu dekat. Setidaknya ada tiga model yang akan dipasarkan yakni Tata Indica, Vista dan Aria.



Sementara itu, President Director Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuka menyatakan ketertarikannya untuk menjadikan Mirage sebagai basis model mobil murah. Namun hingga kini PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia mengaku belum mengetahui perkembangannya.



"LCGC belum tahu, yang lain sudah panas biarin saja. Kita masih tunggu dari prinsipal. Kami sendiri belum ada pengarahan lebih lanjut, selain mereka (MMC) studi terus terkait masalah ini," terang Executive Marketing Director PT KTB Rizwan Alamsjah belum lama ini. (ian)




0 komentar:

Posting Komentar