Dua Cedera Rawan yang Dialami Pemain Timnas U-19

Dua Cedera Rawan yang Dialami Pemain Timnas U-19


Senin, 27 Januari 2014 15:57 WIB



Dua Cedera Rawan yang Dialami Pemain Timnas U-19
Berita Kota Super Ball - Eko Priyono

Alfan Nur Asyhar, dokter timnas U-19







TRIBUNNEWS.COM - Keinginan pemain timnas U-19 yang bisa menjadi bagian dari keberhasilan Indonesia di kancah internasional telah membuat mereka rela menahan rasa sakit selama latihan.


Beberapa pemain baru mengakui rasa sakit itu pada dokter setelah tidak mampu lagi menahannya. Hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan karena justru akan memperparah kondisi pemain.


Menurut dokter timnas Indonesia U-19 Alfan Nur Asyhar ada dua cedera rawan dialami pemainnya yaitu Ankle joint sprain dan Strain hamstring.


"Itu bisa terjadi karena cedera yang lama pernah diderita tetapi tidak ditangani dengan baik. Atau akibat pemanasan yang dijalani tidak optimal alias tidak serius," ujar Alfan kepada Super Ball.


Dibawah ini penjelasan mengenai kedua cedera tersebut:


*Ankle joint sprain

Sprain adalah cedera akibat penguluran atau kerobekan pada ligamen. Sprain ankle merupakan cedera yang terjadi pada ligamen berupa robekan dan penguluran yang mengikat ankle sehingga terjadi nyeri, limitasi dan disfungsi pada ankle joint. Ligamen yang sering sekali terkena cedera adalah ligamen pars lateral


*Strain hamstring (Robekan otot hamstring)

Penyebabnya bermacam-macam, bisa tertarik, terjadi robekan kecil atau bahkan robekan total pada salah satu otot hamstring. Robekan pada otot-otot hamstring (hamstring strain) sering terjadi pada otot hamstring yang tertarik cukup parah. Pada hamstring strain terjadi peregangan atau tarikan yang mengakibatkan otot-otot hamstring meregang melebihi kemampuannya sehingga mulai terjadi robekan. Hal ini mengakibatkan nyeri yang sangat hebat






0 komentar:

Posting Komentar