Suplai Minim, Mazda VX-1 Belum Capai Target


detail berita
F: Mazda VX-1 (Okezone)



JAKARTA- Menurut data Gaikindo per bulan Mei 2013, wholesale kloning Suzuki Ertiga dari Mazda, VX-1, telah dilepas sebanyak 121 unit. VX-1 V 1.4 MT laku 49 unit dan VX-1 R 1.4 MT terserap 72 unit.



"VX-1 baik-baik saja, penjualan Juni belum selesai, baru launching bulan lalu. Kami punya kendala suplai untuk VX-1. Di beberapa daerah malah baru mulai penjualan sejak dua pekan lalu," ungkap Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager, Mazda Motor Indonesia kepada wartawan saat peluncuran New Mazda CX-5 Kamis kemarin.



Tentang jumlah SPK sendiri Astrid mengatakan, "Saat ini kita tidak mengumpulkan SPK karena memang sedang fokus untuk New CX-5," paparnya.



Tentang target yang pernah disebutkan saat VX-1 rilis di pertengahan Mei lalu, 3.600 unit harus laku sampai akhir tahun 2013. Bagaimana tanggapan MMI yang menetapkan sendiri menjadi sekitar 450 unit yang harus dilempar ke konsumen untuk VX-1 per bulannya.



Astrid kembali menegaskan masalah yang ada tetap pada suplai yang sedikit dari induknya. "Kalau dari sana ga ada suplai saya mau retail 450 unit dari mana ya? Kami sambil menunggu dan sedang melihat semua kemungkinan sistem yang diberlakukan," jawab Astrid.



Bersama Suzuki Ertiga, Mazda VX-1 diproduksi oleh Suzuki Indomobil Sales di pabrik Suzuki. Namun perbedaan pendapat tentang kapasitas produksi kedua pabrikan Jepang tersebut berbeda.



Astrid mengatakan sebenarnya namanya bukan jatah namun setingan kapasitas produksi telah diatur Mazda sedemikian rupa sejak awal. Sementara pernah diungkapkan juga produksi Mazda VX-1 hanya disesuaikan dengan pesanan. Meski tidak dijelaskan apakah produksi VX-1 dibatasi atau tidak.

(zwr)


0 komentar:

Posting Komentar