Mobil Formula Ini Gunakan Mesin Sepeda Motor


detail berita
F: ATS Sport 1000 (Carscoop)



MILAN - Automobili Turismo Sport (ATS) adalah perusahaan pembuat mobil asal Italia yang didirikan oleh teknisi tim F1 Ferrari pada tahun 1962 silam. Setiap mobil garapan ATS dikenal sebagai supercar dengan tubuh ringkas dan berbobot ringan namun memiliki performa mesin tinggi.



Satu model yang baru-baru ini diperkenalkan adalah ATS Sport 1000. Mobil bernuansa mobil balap F1 ini memiliki bobot cukup ringan yakni dibawah 500 kg. Sasis mobil ini terbuat dari stainless steel, dan alumunium sementara bagian bodi terbuat dari material fiber.



Menariknya, dapur pacu yang digunakan bukanlah berasal dari mobil melainkan sepeda motor. Konsumen bisa memilih tipe mesin yang akan digunakan seperti Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki maupun MV Agusta.



Seperti ATS Sport 1000 Street yang menggunakan mesin Kawasaki Ninja 1000. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 200 bhp. Bagian transmisi masih menggunakan rantai untuk menggerakan roda yang dipadukan limited slip differential Quaife ATB.



Soal sektor kenyamanan tidak perlu diragukan, mobil ini diperkuat suspensi double wishbone dengan klaher teflon dengan suspensi yang dapat atur sesuai selera.



Sedangkan dari sisi keamanan mobil ini menggunakan anti-roll bar yang ditempatkan di depan dan belakang, box peredam tabrakan depan, rollbar 50 mm, tangki alumunium explosafe, sabuk pengaman 6 titik dan kolom kemudi yang dapat patah sendiri jika terjadi benturan.



Untuk diketahui, mobil ini juga memiliki surat kelaikan jalan dan dapat digunakan di jalan umum maupun arena balap sekalipun. ATS membanderol Sport 1000 Race dengan banderol USD33,385 atau setara Rp330 juta. Sedangkan versi Street dilepas USD58,110 atau Rp574 jutaan. (ian)




0 komentar:

Posting Komentar