Intip Jeroan Mesin Daihatsu Ayla


detail berita
F: Mesin 1KR-DE Astra Daihatsu Ayla (Azwar F/Okezone)



JAKARTA- Jika Anda mampir ke Booth Daihatsu di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, coba tengok di pojok booth. Di situ terlihat dipamerkan isi dari mesin Astra Daihatsu Ayla dan juga rangka bodi dari Ayla.



Astra Daihatsu Ayla menggendong mesin dengan tipe 1KR-DE. Mesin ini menggunakan tiga silinder dengan kapasitas 1.000cc. Daihatsu pernah menjelaskan, mesin menggunakan bahan alumunium yang lebih ringan dan lebih cepat menyerap panas.



Dengan kapasitas mesin tersebut, Astra Daihatsu Ayla memiliki tenaga maksimal mencapai 65 PS pada putaran mesin 6.000 RPM. Dengan torsi puncak 8,7 Kgm pada 3.600 RPM.



Jeroan mesin yang dipamerkan Daihatsu ini banyak menarik perhatian pengunjung. Kebanyakan dari mereka penasaran dengan mesin tiga silinder yang kabarnya memiliki efisiensi bahan bakar yang baik ini.



Terihat cara kerja mesin yang berputar perlahan. Timing menggunakan rantai, dengan keuntungannya tidak perlu diganti seperti timing belt. Pada piston ada lapisan teflon untuk mengurangi friksi, dan juga ada oil noozer di bawah ruang bakar, untuk mempermudah kinerja piston.



Di sebelah mesin juga berdiri Ayla yang dibuat telanjang. Astra Daihatsu Ayla memiliki berat kosong 745 kilogram, dengan dimensi panjang 3.580 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.530 mm, jarak sumbu roda 2.730 mm, dan dengan radius putar kemudi mencapai 4,4 meter.

(zwr)


0 komentar:

Posting Komentar