Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kaki

, Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kaki - Foot Corn adalah istilah yang biasanya dikenal dengan nama Mata Ikan, yang memiliki bahasa medis Callous dan Corn . Ini adalah istilah yang digunakan untuk kondisi penebalan kulit yang terjadi akibat terlalu sering tekanan ataupun gesekan terhadap kulit tersebut yang berkepanjangan. Penebalan ini awalnya berfungsi sebagai pelindung. Namun kenyataannya malah semakin menjadi tebal, meluas dan keberadaannya semakin berlebih sehingga menimbulkan rasa nyeri. Jika kondisi ini memberat lama-lama bisa menjadi borok atau ulkus pada penebalan tersebut.

mata ikan

Biasanya Corns ini muncul di daerah tulang misalnya tumit. Corn ini sendiri terdiri dari bagian kulit yang menebal yang ditengahnya terdapat sumber keratin yang teksturnya keras dikelilingi oleh daerah kulit yang mengalami peradangan. Biasanya corn berukuran seperti kacang. Rasa sakit yang dirasakan penderita adalah karena adanya corn yang tertekan dan terinjak sehingga bagian dalam yang teriritasi bergesekan langsung dengan kulit.



Gejala yang biasanya dirasakan adalah gatal-gatal di bagian kulit, juga munculnya benjolan berisi air yang makin lama semakin keras dan membesar, jika benjolan tersebut ditekan maka akan terasa sakit.



Timbulnya Corns ini karena adanya beberapa faktor dan kondisi penyebabnya :


  1. Penggunaan sepatu yang terlalu sempit akan dapat menekan kaki.

  2. Penggunaan sepatu yang terlalu longgar akan menyebabkan terjadinya gesekan kaki terhadap sepatu karena adanya ruang kosong.

  3. Menggunakan sepatu dengan hak tinggi dan berlebihan mengakibatkan penekanan terjadi di bagian depan kaki.

  4. Memakai sepatu atau sandal tanpa mengenakan kaos kaki.

  5. Menggunakan sepatu dengan alas yang tipis karena akan menimbulkan tekanan yang lebih besar.

  6. Pemakaian kaos kaki yang tidak pas dengan ukuran dan bentuk kaki.

  7. Berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

  8. Kondisi yang dapat menimbulkan tekanan dan gesekan yang terlalu berkepanjangan yang terjadi pada anggota tubuh.

  9. Bagi orang yang memiliki berat badan yang berlebihan akan menimbulkan tekanan pada kakinya yang lebih besar.




Mengatasi keadaan yang disebabkan karena penebalan kulit yang berlebihan yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan cara mengurangi kulit yang menebal tersebut. Bisa dilakukan dengan menggosok daerah yang mengalami penebalan dengan batu apung atau bisa juga ,enggunakan sabut yang dibuat khusus untuk kulit. Sebelum melakukan penggosokan, disarankan agar bagian tersebut di rendam dengan air hangat dan juga sabun. Pengikisan terhadap kulit yang menebal tersebut sebaiknya dilakukan dengan cara bertahap, bisa juga menggunakan salep yang berisi asam salisilat 40% yang memiliki fungsi menghilangkan kulit mati. Pengikisan dapat juga dilakukakn secara manual dengan pisau medis akan tetapi prosedur tindakan ini tidak dapat dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh dokter atau paramedis yang kompeten, dan terkhusus untuk penderita yang memiliki penyakit diabetes dan kelainan darah perifer.



Ada juga beberapa cara alami untuk menghilangkannya yaitu dengan menggunakan bawang putih yang merupakan salah satu cara terbaik yang dapat digunakan untuk menghilangkan Corns tersebut. Gunakan potongan bawang putih yang segar dan gosokkan pada daerah tersebut sekitar satu menit, atau bisa juga dengan menutup corns dengan bawang putih yang telah ditumbuk kemudian diperban.



Cuka sari apel juga dipercaya dapat juga membantu melembutkan serta menghilangkan corns.



Caranya adalah dengan merendam bagian yang sakit kedalam larutan berisi cuka sari apel selama du puluh lima menit. Kemudian gosok dengan batu apung yang di bungkus dengan perban yang juga sudah dibasahi dengan cuka sari apel. Pepaya juga merupakan salah satu solusi untuk mengobati corns caranya adalah pepaya mentah dibuat jus kemudian sebanyak setengah sendok teh jus pepaya mentah tersebut dioleskan dengan menggunakan kapas. Lemon juga bisa menjadi salah satu alternative dari banyak pilihan lainnya. Lakukanlah pengobatan ini secara rutin setiap hari sampai sembuh. Dengan demikian diharapkan mata ikan pada kaki Anda akan segera sembuh seperti sedia kala.

0 komentar:

Posting Komentar