Bernostalgia dengan Suzuki FXR-150


detail berita
F: Suzuki FXR-150 (Septian P / Okezone)



CIBODAS - Touring Suzuki 2013 yang diselenggarakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) diikuti oleh sekira 1.300 sepeda motor milik karyawan Suzuki. Berbagai model motor Suzuki turut menyemarakkan acara ini mulai dari yang lawas hingga model terbaru.



Salah satu model lawas yang mengikuti touring ini adalah Suzuki FXR-150. Pantauan Okezone, ada sekira empat motor FXR yang mengikuti acara ini. Salah satu penunggangnya adalah Edy, karyawan Suzuki yang bertugas di Plant II Cakung.



Pria yang berkerja sebagai operator di pabrik yang memproduksi mesin dan transmisi itu mengaku bangga dapat memiliki FXR lantaran memiliki mesin yang bandel dengan desain motor sport yang kental.



FXR menggunakan mesin 150cc DOHC 4 klep, 6 speed closed gear ratio, oil cooled SACS (Suzuki advanced cooling system) yang sanggup menghembuskan tenaga 20 hp.



"Saya baru pakai motor ini empat tahun. Mesinnya bandel banget. Kalau orang-orang tahu, mesin Suzuki itu paling kuat dibanding kompetitor," kata Edy saat berbincang dengan Okezone saat Touring Suzuki 2013.



Menurut pria asal Semarang, Jawa Tengah, FXR-150 memiliki kelemahan yang terletak pada sistem kelistrikan. Namun hal itu bukanlah penghalang baginya untuk memiliki FXR.



"Motor ini lemahnya di sistem kelistrikan dan pengapian. Sepulnya agak lemah. Tapi kalo soal mesin, itu bandel banget," ujarnya.



Sama dengan kebanyakan pecinta Suzuki di Tanah Air, Edy begitu mengidamkan perusahaannya dapat melahirkan motor sport baru setidaknya generasi penerus dari FXR-150.



Sebagai informasi, Suzuki FXR-150 mengawali debutnya di Tanah Air pada 2001. Usianya tergolong singkat karena Suzuki menghentikan pemasarannya pada 2003 silam.



FXR-150 memiliki desain yang terinspirasi oleh tunggangan Kenny Roberts, Jr yang saat itu menjuarai GP 500 Suzuki bersama tim Telefonica Movistar Suzuki.



Di zamannya, Suzuki FXR-150 tergolong motor mewah. Saat itu harganya mencapai Rp28 jutaan. Selain tampil half-fairing, FXR telah mengadopsi rangka Delta Box, Swing arm Banana, dan Speedometer LCD. Tentu ini menjadi kelebihan FXR, pasalnya saat itu belum ada kompetitor yang sebanding dengannya di pasar nasional.



Spesifikasi:

Engine and transmission

Displacement : 147.00 ccm (8.97 cubic inches)

Engine type : Single cylinder

Stroke : 4

Power : 20.11 HP (14.7 kW)) @ 13000 RPM

Max RPM : 15000

Compression : 10.7:1

Bore x stroke : 62.0 x 48.8 mm (2.4 x 1.9 inches)

Fuel system : Carburettor. Mikuni BS29SS

Valves per cylinder : 4

Fuel control : DOHC

Ignition : CDI, 9 degree BTDC at 1500rpm

Starter : Electric & kick

Lubrication system : Wet sump

Cooling system : Oil & air

Gearbox : 6-speed



Transmission type

final drive : Chain

Clutch : Wet multi-plate type



Physical measures

Dry weight : 118.0 kg (260.1 pounds)

Seat height : 760 mm (29.9 inches) If adjustable, lowest setting.

Overall height : 1,080 mm (42.5 inches)

Overall length : 1,985 mm (78.1 inches)

Overall width : 665 mm (26.2 inches)

Wheelbase : 1,325 mm (52.2 inches)



Chassis and dimensions

Rake (fork angle) : 24.0°

Trail : 85 mm (3.3 inches)

Front suspension : telescopic, coil spring, oil damped forks

Rear suspension : swinging arm, coil spring, oil damped, spring pre-load 4-way adjustable

Front tyre dimensions : 80/90-17

Rear tyre dimensions : 100/90-17

Front brakes : Single disc

Rear brakes : Single disc



Speed and acceleration

Top speed : 150.0 km/h (93.2 mph)

Power/weight ratio : 0.1704 HP/kg



Other specifications

Fuel capacity : 15.00 litres (3.96 gallons)

Reserve fuel capacity : 3.40 litres (0.90 gallons)

Fuel consumption pr. 100 km (6.2 miles): 3.00 litres (0.79 gallons). (ian)




0 komentar:

Posting Komentar