Memilih Deterjen yang Tepat untuk Keluarga

mesin cuci - Berapa banyak di antara kita yang menghabiskan waktu lama di supermarket memandangi deretan deterjen atau pewangi yang ada? Berapa banyak juga di antara kita yang dengan alasan kepraktisan kemudian memutuskan untuk memilih berdasarkan jenis keharumannya? Hmm apakah sebaiknya floral bliss atau spring blue?



Dengan banyaknya model mesin cuci dan pengering serta beragamnya jenis deterjen dan pewangi yang beredar di pasar, seharusnya kegiatan mencuci saat ini jauh lebih ringan dibandingkan jaman ayah ibu atau kakek nenek kita. Tetapi tak jarang juga saking banyaknya pilihan kita malah kerap merasa kebingungan sehingga memilihnya.



Walau juga penting, pemilihan deterjen tidak cukup hanya berdasarkan wanginya saja. Berikut ini beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum membeli produk deterjen untuk keluarga Anda.



Jenis Mesin Cuci Anda


Ketika memilih deterjen, jarang kita mempertimbangkan kesesuaiannya dengan mesin cuci yang kita miliki di rumah.



Pada dasarnya deterjen dapat kita kategorikan menjadi 3 jenis, yaitu deterjen krim, deterjen bubuk dan deterjen cair. Apabila kita mencuci baju menggunakan mesin cuci maka hindari menggunakan deterjen krim atau sering dikenal juga dengan istilah sabun colek.



Baik deterjen bubuk maupun cair keduanya dapat digunakan untuk mesin cuci. Tetapi tidak ada salahnya membaca kemasan produknya untuk mengetahui apakah memang deterjen tersebut cocok untuk penggunaan mesin cuci.



Mesin cuci pun terdiri dari dua jenis yaitu mesin cuci bukaan atas dan mesin cuci bukaan depan. Mesin cuci bukaan atas memerlukan deterjen yang menghasilkan busa banyak untuk efektifitas pencucian jadi carilah produk yang memiliki deterjensi tinggi.



Sebaliknya, mesin cuci bukaan depan akan efektif kalau busa yang dihasilkan deterjennya sedikit jadi carilah deterjen dengan tingkat deterjensi yang rendah. Kita harus mengetahui cara mencuci baju yang benar, karena hal ini sangat berperan pada hasil akhir dan keawetan pakaian kita nantinya.



Tingkat Kekotoran Baju


Hal yang perlu kita ingat adalah memang ada beberapa jenis deterjen yang memiliki fungsi khusus untuk menghilangkan noda. Sekali lagi untuk pencucian dengan mesin Anda bisa memilih baik deterjen cair maupun bubuk. Tetapi kalau noda yang Anda hadapi adalah noda membandel maka deterjen cair merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena deterjen cair lebih mudah meresap ke dalam serat kain dibandingkan krim atau bubuk. Akibatnya zat-zat pengangkat noda pada deterjen cair dapat bekerja lebih efektif dalam mengangkat noda.



Kalau pakaian yang akan Anda cuci tidak terlalu kotor maka Anda dapat menggunakan deterjen bubuk atau Anda juga bisa menggunakan deterjen dengan fungsi khusus lain seperti melembutkan atau mengharumkan pakaian.



Alergi Kulit


Pernahkah Anda mendapat kulit lengan atau kaki Anda atau anak Anda menjadi kemerahan setelah mengenakan pakaian yang baru saja dicuci? Ada kemungkinan bahwa kemerahan ini disebabkan oleh kulit sensitif kita yang bereaksi terhadap elemen pewangi di dalam deterjen yang kita gunakan.



Artikel Terkait:


  • Cara Mengatasi Gatal Pada Kulit


Inilah mengapa sebaiknya pakaian anak-anak dan bayi, terutama bayi yang masih merah, Anda bisa mencucinya menggunakan deterjen non-fragrance (tanpa tambahan pengharum).



Tingkat Kesadahan Air


Kalau Anda hingga kini belum menemukan deterjen yang bisa mencuci pakaian hingga bersih maksimal padahal sudah bergonta-ganti deterjen maka masalahnya mungkin bukan deterjen Anda tetapi karakteristik air di rumah Anda.



Kita sering melupakan bahwa kondisi air yang kita gunakan untuk mencuci baju kita juga menentukan kebersihan baju tersebut. Kalau tingkat kesadahan air di rumah kita tinggi, makan enzim pembersih dari deterjen Anda tidak dapat bekerja secara optimal karena bekerja untuk menurunkan tingkat kesadahan air. Nah kalau ingin mengetahui tingkat kesadahan air di area rumah Anda maka kontaklah kantor PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) setempat.



Kalau memang terbukti tingkat kesadahan air di area rumah Anda tinggi maka yang dapat Anda lakukan selain menambahkan jumlah deterjen adalah menambahkan setengah cangkir baking soda ke dalam laci deterjen mesin cuci Anda sebelum pencucian dilakukan. Baking soda mampu mengurangi kandungan zat-zat di dalam air sadah sehingga lebih lunak dan lebih ramah lingkungan.



Semoga ini membantu memudahkan pencarian Anda menemukan deterjen yang pas untuk keluarga!








0 komentar:

Posting Komentar