Tips Merawat Pakaian Bagi Para Backpackers

 tips merawat pakaian bagi para backpackers

- Jalan-jalan keluar kota, keliling Indonesia atau bahkan keluar negeri memang sangat menyenangkan, terlebih bagi Anda yang hobi travelling. Kenikmatan melihat tempat-tempat indah, belajar budaya dan bertemu orang-orang baru merupakan pengalaman yang tak tergantikan. Gaya orang dalam travelling bermacam-macam, dari yang membawa koper besar-besar dengan semua keperluan hingga yang hanya membawa tas punggung atau yang sering disebut backpackers. Sesuai dengan namanya backpackers, sejatinya hanya mengandalkan backpack mereka untuk membawa barang keperluan selama perjalanan. Backpacking ini juga sering didentikkan dengan wisata yang murah, karena umumnya para backpackers lebih mementingkan kenikmatan perjalanan dan tidak terlalu memilih hotel yang mewah dan berharga tinggi.



Karena hanya mengandalkan satu atau dua backpack dengan tempat terbatas untuk membawa barang, penting untuk memastikan pakaian yang Anda bawa tetap bersih, segar dan siap dipakai untuk berjalan-jalan. Tidak jarang bau yang kurang segar atau bau apek menusuk hidung saat membuka backpack Anda, tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi dan mengganggu perjalanan yang telah direncanakan. Berikut ini tips merawat pakaian bagi para backpackers :



Hindari Bau Apek



Penyebab pakaian berbau apek bisa bermacam-macam. Bisa akibat terlalu lama disimpan di lemari atau menyimpan dalam keadaan lembab, hingga pemilihan deterjen yang kurang baik. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Saat Anda merencanakan untuk bepergian siapkan waktu beberapa hari lebih awal untuk mencuci pakaian terlebih dahulu agar dalam keadaan bersih dan segar saat dimasukkan ke dalam backpack. Mungkin saja pakaian yang Anda bawa sudah lama disimpan karena jarang dipakai. Menggunakan deterjen cair akan lebih baik dibandingkan dengan deterjen bubuk. Jika proses pembilasan kurang baik, deterjen bubuk dapat meninggalkan sisa-sisa yang dapat menimbulkan bau kurang sedap. Biarkan pakaian hingga benar-benar kering sebelum menyetrika dan memasukkannya ke dalam backpack.



Di dalam perjalanan memang tidak mudah untuk mencuci pakaian kotor dan tentunya Anda tidak mau waktu Anda terbuang percuma hanya untuk mencucinya dengan tangan. Jika memungkinkan, angin-anginkan atau jemur terlebih dahulu pakaian lembab atau basah Anda setelah digunakan. Kalau backpack Anda mempunyai beberapa ruangan terpisah, ini sangatlah baik. Anda dapat menyimpan pakaian bersih di satu sisi dan pakaian kotor di sisi lainnya. Anda juga dapat menggunakan plastik terpisah, ini untuk menghindari bau apek menyebar ke pakaian yang masih bersih.



Tangani Noda Sebelum Mencuci



Pakaian yang lembab keringat atau terkena hujan dan sudah beberapa hari tidak dicuci memang membuat kita ingin segera memasukkannya ke mesin cuci. Tapi tunggu dulu, hal ini sering dilupakan karena terburu-buru. Ingat-ingat apakah pakaian Anda pernah terkena noda seperti noda lumpur, noda darah karena tersayat ranting tajam saat hiking atau mungkin terkena noda getah pohon saat berjalan-jalan di taman? Atasi noda ini terlebih dahulu dan pastikan benar-benar hilang sebelum mencucinya. Baca dahulu label perawatan pakaian untuk memastikan langkah dan siklus pencucian yang dipilih sudah sesuai. Memiliki mesin cuci yang terbaik sangat membantu tugas Anda, biasanya mesin cuci terbaik yang ada di pasaran sudah dilengkapi dengan berbagai siklus pencucian sesuai dengan jenis bahan pakaian Anda.



Untuk noda lumpur yang mungkin sudah mengering Anda bisa mengeruk sisa-sisanya terlebih dahulu. Noda darah dapat ditangani dengan merendamnya di dalam larutan tablet aspirin dengan air selama 5 menit sebelum memasukannya ke mesin cuci. Kemungkinan besar Anda juga akan mendapatkan noda keringat yang cukup terlihat di serat pakaian, jika ini terjadi oleskan langsung deterjen cair ke bagian yang ternoda. Kalau noda keringat sudah mengubah warna kain, gosokkan sedikit amonia pada noda baru atau cuka putih pada noda lama untuk membantu menghilangkannya. Gunakan takaran deterjen yang disarankan, untuk noda berat dan jumlah cucian yang banyak mungkin Anda membutuhkan takaran yang lebih besar.



Nah, dengan tips di atas backpacking Anda akan menjadi lebih nyaman dan mengurangi kekhawatiran pakaian bawaan Anda akan berbau apek.








0 komentar:

Posting Komentar